Minggu, 07 Februari 2010

Pelajar SMA/SMK Banjarnegara Belajar Membuat Film


Catatan 6: PraProduksi Film Dokumenter Batik Gumelem, Banjarnegara

Diluar dugaan, sembilan perwakilan pelajar SMA/SMK se-Kabupaten Banjarnegara tumplek di Balai Desa Gumelem Wetan, Kecamatan Susukan, Minggu (7/2). Sekitar 30 pelajar tersebut bermaksud belajar bersama membuat film dokumenter terkait Desa Gumelem.

Kesembilan sekolah tersebut adalah SMA Negeri 1 Banjarnegara, SMK Negeri Bawang, SMA Negeri 1 Wanadadi, SMA Negeri 1 Klampok, SMA Negeri 1 Sigaluh, SMK Tamansiswa, SMK Danurajah, MAN 2 Banjarnegara, SMA Negeri 1 Bawang.

Para pelajar tersebut mendapat semacam pembekalan dan persoalan-persoalan teknis terkait rencana produksi film dokumenter tersebut dari Cinema Lovers Community (CLC) Purbalingga dan kawan-kawan pembuat film dari Banjarnegara.

Terkumpul sekitar 10 tema atau subyek dokumenter yang hendak diwujudkan menjadi karya film. Ke-10 subyek tersebut antara lain Sajadah Batu, Pandai Besi, Keluarga Kerajaan, Kerajinan Kerang, Pemandian Air Panas, Masjid Kuno, Kesenian Tradisi, Rumah Kuno, Pakembara, dan Makam Kuno.

Pra Produksi/Riset
Hari itu juga, para pelajar diterjunkan ke lapangan sebagai penanda dimulainya riset/penelitian yang nantinya menjadi bahan dasar dari proses produksi film dokumenter. Perdana dipertemukan dengan narasumber masing-masing tema sekaligus ‘kulonuwun’. Selanjutnya, mereka akan menjalankan riset sendiri dengan tetap mendapat fasilitasi dan pendampingan.

Kesepakatan waktu sekitar satu bulan dimanfaatkan untuk riset sampai para pelajar mampu mengisi proposal produksi dan membuat skrip dokumenter. Selanjutnya mereka akan memproduksi secara independen.

Kompilasi Film Dokumenter
Rencananya, bila kesepuluh tema tersebut berhasil diproduksi, akan dibuatkan kompilasinya dan puncak acara pemutaran bersama pada 2 Mei 2010 bertepatan Hari Pendidikan Nasional. Bertempat di kompleks pendapa Bupati Banjarnegara.

1 komentar:

Tiggy mengatakan...

keren deh acara ini..
ini pertama kalinya sy ikut seminar film, hohoho
semoga bisa bnyk membantu